Bulgaria Luncurkan Perangko Sambut Pameran Filateli Dunia di Bandung

By Admin

nusakini.com--Dalam rangka menyambut Pameran Filateli Dunia 2017 yang akan berlangsung di Bandung, Jawa Barat, pemerintah Bulgaria meluncurkan seri perangko terbaru di Kantor Pos Pusat Bulgaria pekan lalu.

Perangko ini mengambil seri jam kuno dengan latar belakang Logo Bandung 2017 serta gedung bersejarah Bandung yang bergaya Art Deco, dengan jam besar di salah satu sisinya. Gedung ini merupakan kantor Bank Mandiri di jalan Asia Afrika kota Bandung yang didirikan pada tahun 1915 oleh seorang arsitek Belanda. 

Acara peluncuran tersebut dilakukan bersama-sama oleh Deputi Menteri Perhubungan, IT dan Komunikasi Bulgaria, Ketua Perkumpulan Filatelis Bulgaria, Direktur Kantor Pos Bulgaria, dan Dubes RI Sofia. Hadir pula dalam acara tersebut wakil dari Kementerian Luar Negeri, designer pelukis perangko, media, masyarakat umum serta anggota filatelis Bulgaria. Para undangan langsung mengantri untuk melakukan pembelian perdana perangko tersebut setelah diluncurkan. Perangko seri ini juga akan dijual di kantor-kantor pos setempat. 

Pada peluncuran acara ini, Kedutaan Besar Republik Indonesia juga memperkenalkan pengunjung dengan informasi mengenai destinasi wonderful Indonesia, sebagai tempat penyelenggaraan Pameran Filateli Dunia tahun ini. Delegasi Bulgaria yang akan hadir dalam pameran tersebut juga tidak hanya akan ke Bandung namun juga berwisata ke Denpasar dan kota-kota lainnya. 

Dalam sambutannya, Wakil Menteri Perhubungan Bulgaria berharap Bulgaria akan merorehkan prestasi dalam acara Pameran Filateli Dunia 2017. Sementara itu Dubes RI Sri Astari Rasjid menyampaikan bahwa perangko merupakan simbol komunikasi dari masa lalu hingga kini dan juga membawa makna sejarah, cinta, pengertian. Salah satu contohnya, perangko membawa surat kepada sahabat dan orang-orang yang kita kasihi di seluruh dunia. Harapannya, di masa mendatang akan ada perangko bersama RI-Bulgaria yang diterbitkan PT Pos kedua negara sebagai simbol kerja sama baik yang telah terbina selama ini. 

Pesan yang disampaikan Dubes RI Sofia tersebut juga sejalan dengan tema yang diusung Pameran Filateli Dunia 2017 di Bandung yaitu "Jembatan Menuju Dunia yang Damai Melalui Perangko" yang memiliki tujuan meningkatkan persahabatan antara filatelis dunia sebagai salah satu andil untuk menciptakan perdamaian dunia dan memajukan perfilatelian dalam segala aspek. Diperkirakan ada 60 negara berpartisipasi pada Pameran Filateli Dunia 2017, di Bandung pada 3-7 Agustus mendatang. (p/ab)